TI

TIK

Teknologi informasi dan komunikasi atau yang biasa disebut dengan istilah TIK.

 TIK sebagai bagian dari ilmu pengetahuan dan teknologi secara umum adalah semua teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi. Teknologi informasi juga dapat dikatakan sebagai suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat, dan tepat waktu yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis,dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.

Keberadaan TIK saat ini telah membantu proses kehidupan manusia dalam menjalankan peran maupun dalam kegiatan sehari-hari. Sebagai contoh, untuk menghitung  statistic kita menggunakan bantuan computer tepatnya dalam Microsoft excel, begitu juga jika kita akan presentasi, cukup dengan  Microsoft power point kita bisa mempresentasikan presentasi kita. Dalam berbagai kehidupan, tidak sedikit kemampuan dan pekerjaan kita yang tidak dapat terlepas dari perangkat yang merupakan wujud dari TIK. Satu diantaranya adalah sektor pendidikan yang banyak memanfaatkan TIK sebagai komponen tak terpisahkan pada proses pendidikan di sekolah maupun perguruan tinggi saat ini. TIK banyak dimanfaatkan untuk mendukung pada proses pembelajaran di kelas agar dapat peserta didik dapat mendapatkan berbagai informasi yang akan tersimpan di dalam memori jangka panjangnya (long-therm memory).

Pemanfaatan TIK pada proses pembelajaran di sekolah saat ini banyak digunakan untuk membantu pendidik dalam menyampaikan suatu materi pembelajaran yang memang membutuhkan komponen pembantu melalui media yang relevan. Dalam hal ini TIK cenderung lebih banyak berperan sebagai alat bantu/media dalam proses pembelajaran di kelas. Memang tidak sedikit dalam membantu proses pendidikan di sekolah, selain sebagai media TIK juga banyak digunakan untuk mengolah data sekolah melalui administrasi sekolah maupun pengolahan nilai ataupun sebagai komponen tidak terpisahkan dalam merencanakan dan mengelola suatu kondisi di dalam kelas. Banyak kendala yang dialami ketika melaksanakan proses pembelajaran berbasis TIK. Adapun kendala tersebut juga berasal dari banyak faktor mulai dari kesiapan sumber daya manusia (pengguna), keterbatasan biaya untuk membeli dan mengadakan peralatan yang berbasis TIK, maupun sumber daya lain seperti kesediaan pelaksana pendidikan di tingkat sekolah dan sejenisnya. Juga kondisi geografis Indonesia dengan sekian banyaknya pulau yang terpencar-pencar dan kontur permukaan buminya yang seringkali tidak bersahabat, sehingga membuat pengetahuan antara masyarakat yang satu dengan yang lain tentang TIK belum semuanya paham tentang keberadaannya dan penggunaannya. Untuk itu harus diadakan pendidikan TIK secara merata di seluruh wilayah Indonesia daik di kota maupun desa, sebab pendidikan TIK tidak terpisahkan oleh jarak dan waktu yang membatasinya. Dengan memegang prinsip tersebut, sekolah yang berhaluan pada proses pembelajaran yang menganggap pendidik adalah segalanya, maka di sinilah proses penurunan daya dan kualitas pendidikan akan dilaksanakan. Implikasi yang ada, siap tidak siap pemangku kepentingan khususnya sekolah sudah seharusnya membuka diri terhadap arus perkembangan dan penggunaan TIK, Selain itu, keberadaan TIK juga akan meningkatkan motivasi dan minat belajar tiap siswa dengan banyaknya ragam materi dan model pembelajaran yang dipelajarinya dan sesuai dengan keinginan maupun perkembangan psikologis tiap-tiap siswa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: